Wakil Manajemen Mutu

Pendampingan internal dan external dalam pemenuhan standar sistem menejemen mutu (SMM) 9001:2008

Pengertian Manajemen Mutu Terpadu (MMT/TQM)

  • Terpadu ( Total ): Setiap orang dalam organisasi terlibat secara penuh dari tahapan awal hingga akhir proses terhadap pelayanan kepada pelanggannya (internal dan ekternal)
  • Mutu ( Quality ) : Mutu tidak identik dengan “kemewahan”, difinisi mutu bebas dari “opini subyektif”
  • Manajemen : Suatu proses terkendali dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian serta Perbaikan yang melibatkan orang, sistem serta alat-alat / teknik / metode yang mendukung proses.

Evolusi Perkembangan Mutu

  • Era Inspeksi (Inspection) Awal revolusi Industri (1700-an)
  • Era Pengawasan Mutu ( Quality Control) Tahun 1920 an – Perang Dunia I
  • Era Pengendalian Mutu ( Quality Assurance) Tahun 1940-1970 an – Pra dan Pasca PD II
  • Era Manajemen Mutu  (Quality Management) Tahun  1980 an   –  QCC   (Quality Control Circle)
  • Era Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Tahun  1990 an   –  TQC    (Total Quality Control) – ISO 9000 : 1994 ; Tahun  2000        –  TQM    (Total Quality Manajemen) – ISO 9001: 2000

Prinsip –Prinsip Manajemen Mutu
(Australian Standart-1994)

  • Setiap orang memiliki pelanggan (Everyone Has a Customer)
  • Setiap orang bekerja dalam sebuah sistem
  • Semua sistem menunjukkan variasi.
  • Mutu bukan pengeluaran biaya tetapi investasi.
  • Peningkatan mutu harus dilakukan sesuai dengan perencanaan.
  • Peningkatan mutu harus menjadi pandangan hidup.
  • Manajemen berdasarkan fakta dan data.
  • Fokus pengendalian (control) pada proses, bukan hanya pada hasil (out put ) Prinsip –Prinsip Manajemen Mutu
  • (ISO 9000:2000)
  • Customer Focus
  • Leadership
  • Involment of People
  • Process Approach
  • System Approach to Management
  • Continual Improvement
  • Factual Approach to Decision Making
  • Mutually Beneficial Supplier Relationships

Konsep Dasar Manajemen Mutu

  • Menciptakan mutu yang konsisten/konstan.
  • Adanya komitment terhadap mutu.
  • Peranan Top Manajemen
  • Keterlibatan seluruh orang dalam organisasi.
  • Pemenuhan kebutuhan dan harapan pelanggan.

Menurut ISO 9000:2000 (Fundamentals and Vocabulary) :
Manajemen Mutu adalah kegiatan terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi dalam hal mutu (kebijakan mutu,sasaran mutu,perencanaan mutu,pemastian mutu dan pengendalian mutu)

Pengertian MUTU (Quality) :
Apa yang disebut dengan Mutu ?

  • Unggul ?
  • Mewah ?
  • Mahal Harganya ?
  • Kelas, Tingkat, bernilai tinggi  ?

Anda membandingkan antara satu produk dengan produk lain yang sejenis ?
Mutu menurut Begawan/Pakar MUTU dunia

  • Dr. W.Edwards Deming : Memenuhi Persyaratan Pelanggan ( Customer spesification)
  • Dr. Joseph Juran;  Sesuai dengan kegunaan ( Fitness for use)
  • Philip Crosby’s; Conforming to Spesification  Zero defect Quality is Free
  • ISO 8402 ( Kosa Kata)-1994; “ Gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang atau jasa, yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang ditentukan atau tersirat “.

Mengukur dan Menetapkan Kinerja Organisasi (Health Check)
Menentukan kinerja organisasi pada 5 aspek :

  • Orientasi kepada pelanggan (Customer Focus )
  • Struktur organisasi ( People Involvement)
  • Komitmen Manajemen (Top Management Commitment , Team Work, HRD Training, Quality Improvement)
  • Informasi dan Komunikasi ( Information and Comunication)
  • Penguasaan Proses (Process Capability)

PENGERTIAN PELANGGAN PADA MANAJEMEN MUTU

  • Pelanggan adalah Organisasi atau orang yang menerima product
  • Pelanggan di difinisikan sebagai :
  1. Pelanggan Internal : di dalam organisasi
  2. Pelanggan Eksternal : di luar organisasi.
  • Pemenuhan kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dari Sistem Manajemen Mutu.

Strategi Pencapaian Tujuan Orgnisasi (Organisation Goals)
Tahapan-Tahapan yang harus di tempuh :

  • Penetapan Visi dan Misi.
  • Identifikasi Masalah/ Hambatan.
  • Proyek Percobaan (Pilot Project).
  • Pelatihan.
  • Penetapan Sistem.
  • Implementasi Sistem
  • Perbaikan dan Peningkatan Mutu.

Presentasi Menuju ISO

Presentasi Audit Internal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: